Just another WordPress.com site

Howdy Facebook…

Kali ini kita akan membahas tentang bisnis model dari Facebook. Untuk gambaran awal, facebook adalah jejaring social di internet yang menyediakan akses buat orang-orang untuk berkenalan atau mungkin bertemu dengan teman2- lama lewat dunia maya… pengguna facebookmencapai 175 juta orang loh… Ibarat sebuah Negara bisa dibilang jadi Negara ke-6 berpenduduk terbanyak…

Kali ini aku memilih facebook karena aku salah satu pemakai facebook dan aku “ngiri” banget sama si empunya facebook yaitu Mark Zuckerberg yang sekarang jadi jutawan menawan diusianya yang baru kepala 2… what?!

Hmm… kira-kira gimana sih bentuk dan model bisnis Facebook sampe-sampe bisa bikin kantong anak umur 20-an jadi tebel banget?

Ternyata yaa begini nih model bisnisnyaa…

Model bisnis dari facebook itu bisa disebut dengan model bisnis kesetiaan atau loyalty bussiness model. Dalam model bisnis ini semua aparat perusahaan dikerahkan full untuk menjaga kepuasan pelanggan terhadap produk yang memunculkan ke-loyalan pelanggan yang menjadi sumber penghasilan utama perusahaan.

Dalam model bisnis facebook sebenarnya simplenya facebook hanya melibatkan pengguna account, internet provider dan para agent pengiklan loh…

Satu-satunya monetization tools dari facebook adalah pemasangan iklan guys.. jadi tremendous amount dari pengguna account jadi modal utama facebook untuk menarik perhatian para pengiklan untuk memasang iklan di facebook…

Jadii bisa dibilang dalam model bisnisnya facebook bener-bener harus berjuang untuk menjaga para pengguna facebook tetap menjadi pengguna facebook karena para agen pengiklan tidak akan mau memasang iklan di facebook kalo massa di facebook udah pada ilang….

Tapi banyak orang yang rada sangsi sama kemampuan periklanan di facebook. Seperti yang kita tahu core product dari facebook adalah menyediakan jasa layanan pertemanan dan jejaring social kan.. disaat seseorang membuka facebook dia memiliki tujuan untuk membuka jalur pertemanan, namun pada saat muncul banyak social advertising tentu saja sudah melenceng dari core product facebook sehingga periklanan banyak dianggap kurang efektif.

Click-thru rate di facebook dengan jumlah pengguna sekitar 175 juta orang juga masih dianggap sangat rendah yang artinya jarang orang yang meng-klik iklan yang dipasang di facebook…

Tapi yang mengejutkan click-thru rate yang rendah tersebut malah memiliki kefektifan yang tinggi dengan conversion rate lebih dari 60%, walau dikit yang ngeklik iklan namun sebagian dari mereka bener-bener individual yang ditargetkan oleh iklan yang dipasang oleh agent…,,,,hhmmm… argumen ini bisa jadi mematahkan keraguan orang-orang akan  keefektifan periklanan di facebook ya… Jadi, masih masuk akal si Mark Zuckerberg jadi kaya mendadak… hehehehe

Tapppii… (sepertinya terlalu banyak tapi) sayangnya Mark justru membuat fasilitas untuk para pengguna yang berpotensi untuk mematahkan jasa periklanan dari facebook. Facebook membuat fasilitas grup gratis yang sebenaranya bisa saja digunakan sebagai media iklan yang efektif… Mungkin banyak yang berpikir.. “ngapain bayar iklan mahal… toh pake free Group aku juga bisa iklan-in produk”  haayyoo.. nagku deh… mungkin dari kalian ada juga yang nebeng iklan pake grup gratis gak sih?? 😀

Hmmm… sepertinya Mark harus berpikir dua kali ya saat menawarkan jasa free page di Facebook…. 😀

Okay… Sekarang saya tahu rahasia Mark Zuckerberg… haha! Anyone gonna make facebook the second?? :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: