Just another WordPress.com site

Negara Paling Kreatif

Hmmm…. Waktu dikasih tugas untuk menulis tentang Negara paling kreatif langsung aja dengan mencongak kepalaku menjawab “ ya Indonesia laaah…”

Menurutku Indonesia emang Negara paling kreatif. Pemikiranku ini bukannya gak berdasar…. Aku sebagai orang yang dari kecil hidup dan makan di tanah Indonesia sadar banget kalo Indonesia emang memunculkan banyak kreatifitas.

Mau contoh??

Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia yang kini dinilai kelewat padat dan memiliki masalah kemacetan sudah memberlakukan system 3 in 1 untuk pengendara mobil. Peraturan ini mengharuskan setiap mobil untukmengangkut minimal 3 penumpang di dalamnya sehingga diharapkan makin berkurang jumlah mobil yang memenuhi jalan karena tiap 3 orang akan berada dalam satu mobil sehingga tiap orang tidak lagi mengendarai kendaraan sendrian.

Tapi…. Sepertinya aturan 3 in 1 gak memberikan banyak solusi
untuk kemacetan di Jakarta malah aturan 3 in 1 ini  membantu sebagian orang untuk mencari nafkah.

Aturan 3 in 1 ini memicu ide kreatif sebagian orang untuk mememanfaatkan celah untuk mencari penghasilan. Mulai dari pria wanita, balita hingga dewasa banyak yang menjalankan profesi sebagai joki 3 in 1. Joki 3 in 1 memberikan jasa tambahan penumpang kepada para pengendara mobil yang berkendara sendirian untuk lolos melewati daerah 3 in 1.

Kalo dipikiranku sendiri mungkin sulit terbesit pikiran untuk memanfaatkan situasi kemacetan dan 3 in 1 sebagai ladang penghasilan. Namun, ide sebagai joki 3 in 1 bisa muncul di dalam kondisi yang menghimpit. Kondisi ekonomi banyak orang di Jakarta yang kurang baik dan lapangan pekerjaan di Jakarta yang masih langka memaksa ide kreatif seperti ini muncul.

Kalo menurutku…. Walapun gak dikemas dalam hal yang positif, pikiran untuk menciptakan suatu profesi sebagai joki 3 in 1 juga merupakan suatu kreatifitas loh…. Hehehehe..

Hhmmm… nggak hanya itu aja…

Para kriminal- kriminal pembajak ATM juga gak kalah kreatifnya loh… Teknologi yang seharusnya berguna untuk kebaikan malah digunakan untuk menggandakan kartu ATM yang ada dan digunakan untuk membobol rekening korban.  Mereka memodifikasi mesin ATM sedemikian rupa hingga kartu ATM tersebut dapat dipindai dan digandakan sehingga mempermudah para kriminal tersebut untuk membobol rekening korban sampai-sampai kepolisian dan Bank-bank dibuat kalang kabut semua.

Prihatin rasanya karena kreatifitas ini tidak tersalurkan pada hal yang positif. Namun begitulah kenyataannya, di Indoenesia masih ada orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan ide-ide kreatif mereka untuk hal-hal yang merugikan.

Eerrmmm… ga adil rasanya cuma bercerita di sisi negatif  saja. Indonesia gak cuma berkreatifitas dalam hal yang negatif. Banyak hasil kreatifitas yang tumbuh di Indonesia dalam bentuk yang positif.

Nenek moyang bangsa Indonesia sudah memiliki kemampuan kreatifitas yang luar biasa hingga saat ini bangsa Indonesia diwarisi begitu banyak hasil kreatifitas yang tak ternilai harganya. Salah satu produk kreatifitas yang aku kagumi adalah candi Borobudur Menurutku sangat nggak salah kalo’ Borobudur masuk ke  7 wonders of the world.

Coba aja bayangkan… disaat semua negera belum sanggup membuat bangunan megah, dan disaat bangunan seperti WTC di U.S.A atau Petronas di malaysia,Indonesia pada abad ke-7 sudah mampu membuat bangunan megah yang super besar lengkap dengan relief yang memiliki makna. Bahkan pembuatannya pun menggunakan putih telur sebagai pengganti semen yang belum ada saat itu…

Bangunan tersebut menurut saya adalah suatu kreatifitas yang tak ternilai harganya dan dengan bangganya bangunan tersebut berdiri di Indonesia.

Bukan cuma Candi Borobudur, masih banyak hasil kreatifitas dan inovasi lain yang diciptakan Negara kita seperti, Batik yang sekarang juga dinobatkan sebagai World’s Heritage looh…

Batik bukan hanya sekedar kain biasa.. tapi kain yang punya arti disetiap goresannya dan mencerminkan kreatifitas, inovativitas , ketelatenan bahkan kesabaran karena dalam pembuatannya aspek-aspek tersebut sangat diperlukan.

Dalam masalah kuliner Indonesia juga nomor satu kreatif dan inovasinya. Contohnya aja makanan padang yang terbuat dari otak. Hmmm… pasti banyak banget yang suka sama makanan yang satu ini, siapa sangka otak yang kelihatan menjijikan dan agak-agak “bizarre” malah bisa diolah jadi makanan super enak. Jadi menurutku masakan otak tercipta dari pikiran kreatif yang out of the box dan juga inovatif. 

Masih banyak sebenaranya hasil kreatifitas dan inovasi di Indonesia yang nggak akan cukup disebutkan satu persatu. Sekarang tugas kita adalah terus berinovasi dan berkreatifitas serta tetap menjaga, menghargai dan mengembangkan hasil kreatifitas yang sudah ada di Indonesia…. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: